Warga Binaan Lapas Bangkinang Sukses Budidaya Jagung Hibrida, Kini Sudah Panen Raya

Panen jagung hibrida di Lapas Kelas IIA Bangkinang.

Konstan.co.id – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bangkinang kembali membuktikan kesuksesannya dalam membina warga binaan menjadi pribadi yang produktif dan unggul, Pasalnya, meski dalam suasana perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, warga binaan Lapas Bangkinang mampu menghasilkan panen raya Jagung Hibrida yang dipanen langsung oleh Kalapas, Pejabat Struktural dan Staf.

Sebagai informasi, bahwa salah satu kegiatan pembinaan kemandirian pada warga binaan Lapas Kelas IIA Bangkinang adalah Budidaya Jagung Hibrida.

Bacaan Lainnya

Kegiatan budidaya ini dilaksanakan setelah sebelumnya warga binaan telah menerima pembekalan materi dan praktek oleh Instruktur yang dihadirkan pihak Lapas melalui kerjasama dengan Stakeholder terkait.

Diatas lahan seluas 2 Hektar, warga binaan Lapas Bangkinang menyulap lahan kosong menjadi lahan yang produktif dengan budidaya Jagung Hibrida.

Warga binaan yang mengerjakannya merupakan wargabinaan yang tengah menjalani program asimilasi.

Asimilasi adalah proses pembinaan narapidana yang dilaksanakan dengan membaurkan narapidana di dalam kehidupan masyarakat. Dengan artian, warga binaan dapat menjadi pribadi yang mandiri dan menjadi pribadi yang siap mengabdi untuk masyarakat setelah menjalani program asimilasi ini.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bangkinang, Sutarno mengemukakan bahwa kegiatan budidaya Jagung Hibrida ini adalah sebagai sarana bagi warga binaan untuk menyalurkan skill ataupun ilmu yang telah diterima selama menjalani pembinaan di Lapas Bangkinang.

“Kita berikan sarana kepada warga binaan agar mereka dapat terlatih, khususnya dalam hal budidaya jagung hibrida ini,” tuturnya.

“Dengan terlatihnya warga binaan, tentunya dapat menjadikan mereka pribadi yang mandiri, hal itu merupakan upaya kami dalam membangun mental dan keperibadian warga binaan agar dapat bermanfaat untuk masyarakat dilingkungannya selepas menjalani pembinaan disini,” tambah Sutarno.

Kalapas juga menerangkan bahwa jajarannya terus berupaya untuk memberikan pembinaan yang terbaik kepada warga binaan, hal itu dilakukan agar visi misi dari Pemasyarakatan dapat terwujud secara nyata pada Lapas Bangkinang.

“Syukur Alhamdulillah kami ucapkan pada hari ini, panen raya jagung hibriba ini merupakan salah satu indikator kesuksesan wargabinaan dalam menjalani pembinaan dibidang kemandirian juga sebagai wujud mendukung program pemerintah untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional, harapannya Lapas Bangkinang dapat menyumbang kesuksesan visi dan misi dari Pemasyarakatan,” tukasnya.**

banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60 banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *