Sroll Baca Artikel
BeritaDaerahKamparPemerintahanPendidikan

Satu Satunya Dari Kampar, SDN 036 Tanah Datar Terima Penghargaan Adiwiyata Nasional 2023 Dari Kementerian LHK

31
×

Satu Satunya Dari Kampar, SDN 036 Tanah Datar Terima Penghargaan Adiwiyata Nasional 2023 Dari Kementerian LHK

Sebarkan artikel ini
Kasi Peserta Didik Pembangunan Karakter Siswa SD dan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Kampar Adi Yanto mendampingi Kepala Sekolah UPT SD Negeri 036 Tanah Datar, Zul Irpan, S.Pd.I, M.Pd di Jakarta.

Konstan.co.id – Sekolah Dasar Negeri 036 Tanah Datar Kecamatan Tapung Hulu, Kampar berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Nasional tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut langsung diberikan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya di Manggala kementerian lingkungan hidup dan kehutanan RI, Jakarta, Selasa (17/10).

banner 468x60

Kepala Sekolah UPT SD Negeri 036 Tanah Datar, Zul Irpan, S.Pd.I, M.Pd menjelaskan bahwa penghargaan yang diberikan ini merupakan penghargaan satu satunya Sekolah Adiwiyata yang mewakili Kabupeten Kampar ditingkat nasional.

Baca Juga

Ia menyebut ada beberapa kategori yang menjadi penerima penghargaan Sekolah Adiwiyata.

“Jadi ini penghargaan Adiwiyata Nasional 2023. Adiwiyata ini sekolah cinta dan ramah lingkungan. Sehingga lingkungan sekolah itu bersih, indah dan rapi. Untuk kategori kategori penilaiannya sendiri langsung ditentukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup,” papar Irpan saat dikonfirmasi Konstan.co.id melalui sambungan selulernya, Selasa (17/10).

Ia mengatakan sebelumnya ada beberapa sekolah yang turut ikut mewakili Kabupaten Kampar ditingkat nasional.

Hanya saja, kata dia, dari sejumlah sekolah itu cuma UPT SD Negeri 036 Tanah Datar yang masuk mewakili Kabupaten Kampar.

“Kampar itu ada tiga sekolah yang mengikuti, namun hanya satu sekolah yang lolos, kebetulan itu sekolah UPT SD Negeri 036 Tanah Datar, sebab ada target yang harus dicapai sesuai dengan kriteria kriteria yang ditentukan Kementrian Lingkungan Hidup,” ucapnya.

Kepala Sekolah UPT SD Negeri 036 Tanah Datar, Zul Irpan, S.Pd.I, M.Pd menerima penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup.

“Dan ini juga bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup, Menteri Agama, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Pendidikan,” sambung Irpan.

Disisi lain, Irpan mengaku bangga ketika dirinya langsung menerima penghargaan tersebut dari Menteri LHK Siti Nurbaya.

Kedatangan dirinya ke Jakarta juga didampingi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kampar yang diwakili oleh Kasi Peserta Didik Pembangunan Karakter Siswa SD dan SMP, Adi Yanto.

“Kami bangga sekolah ini mendapat penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup yang satu satunya dari Kabupaten Kampar. Alhamdulilah kami langsung didampingi oleh pihak Dinas Pendidikan Kampar yang mendapat undangan langsung dari Kementerian Lingkungan Hidup,” jelasnya.

Sementara itu, Kasi Peserta Didik Pembangunan Karakter Siswa SD dan SMP, Adi Yanto sangat mengapresiasi penghargaan tersebut.

Ia mengatakan bahwa Kabupaten Kampar patut berbangga.

“Saya sangat mengapresisi tiga sekolah yang mengikuti itu. Diterimanya penghargaan ini semoga menjadi inspirasi dan motivasi bagi sekolah-sekolah lainnya khususnya di Kampar,’ tuturnya.

Disisi lain ia mengemukakan bahwa pengelolaan lingkungan hidup sangat berpengaruh dalam perilaku maupun karakter peserta didik.

Untuk itu, sebut Adi, upaya pengelolaan lingkungan hidup mesti dibentuk sejak dini.

“Sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui pendekatan perubahan perilaku peserta didik,” tukasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Artikel ini diproteksi