Sroll Baca Artikel
DaerahPemerintahanPeristiwa

Diguyur Hujan Lebat, Ratusan Rumah Warga di Tapung Hulu Kampar Terendam Banjir

24
×

Diguyur Hujan Lebat, Ratusan Rumah Warga di Tapung Hulu Kampar Terendam Banjir

Sebarkan artikel ini
banjir di Desa Suka Ramai, Kecamatan Tapung Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

Konstan.co.id – Hujan lebat yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Rabu dini hari (8/6/2022) mengakibatkan banjir di Desa Suka Ramai, Kecamatan Tapung Hulu.

Baca Juga

Hujan yang lebih dari satu jam itu membuat sejumlah rumah warga terendam banjir. Diperkirakan kondisi air setinggi lutut hingga pinggang orang dewasa.

banner 468x60

Banjir juga sempat mengganggu pengguna jalan yang melintas di wilayah tersebut, pasalnya ketinggian air hampir sama dengan tinggi selokan yang meluap.

Kepala Pusdalops BPBD Kabupaten Kampar, Adi Candra mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya telah melakukan monitoring, kaji cepat serta pendataan ke lokasi kejadian.

Pihaknya juga dibantu oleh Camat, Aparatur Desa, Babhinkamtibmas, Babinsa hingga masyarakat sekitar.

“Dari Hasil Kaji Cepat didapatkan kebutuhan bagi masyarakat terdampak adalah pendirian dapur lapangan,” ujarnya saat dikonfirmasi Konstan.co.id, Rabu (8/6).

Candra mengatakan pihaknya sudah mendata sejumlah rumah, fasilitas umum yang menjadi dampak banjir tersebut.

Menurutnya, hujan deras mengakibatkan debit air yang masuk ke sungai Lindai tidak bisa tertapung, sehingga luapan air menyebar dan menggenangi rumah warga.

“Jumlah rumah yang terdampak banjir ada sekitar 226 unit. Jumlah itu terbagi dari beberapa Dusun, yakni Dusun 1 berjumlah 28 KK, Dusun 2 berjumlah 176 KK, Dusun 3 berjumlah, 22 KK, sedangkan untuk fasilitas umum ada 3 tempat yang terendam, yaitu 2 unit tempat ibadah dan 1 unit sarana pendidikan (Sekolah),” paparnya.

Candra juga mengungkapkan kondisi terkini di lokasi banjir.

Saat ini, kata dia, kondisi air sudah berangsur surut.

“Sebelumnya ketinggian air mencapai 60 cm, namun saat ini air sudah berangsur surut. Saat ini kita juga telah mendirikan dapur lapangan untuk kebutuhan pangan masyarakat di lokasi kejadian,” ucap Candra.**(yd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Artikel ini diproteksi