Ini Sejarah dan Makna Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022

Konstan.co.id – Tepat 28 Oktober 2022, menjadi hari yang paling dinantikan oleh bangsa Indonesia untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Adapun tahun ini, Sumpah Pemuda jatuh pada hari, Jumat (28/10/2022) merupakan peringatan ke-94.

Bacaan Lainnya

Menurut Surat Edaran (SE) Kemenpora tentang Panduan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022, tema Hari Sumpah Pemuda 2022 adalah “Bersatu Bangun Bangsa”.

Lantas, bagaimana sejarah Hari Sumpah Pemuda? Apa makna peringatan Hari Sumpah Pemuda?

Sumpah Pemuda adalah momen paling bersejarah untuk bangsa Indonesia sekaligus menjadi tonggak dimulainya pergerakan organisasi pemuda.

Sri Sudarmiyatun dalam buku Makna Sumpah Pemuda menyebut makna Sumpah Pemuda adalah untuk membangkitkan kesadaran segenap rakyat Indonesia sebagai bangsa yang satu.

Sedangkan sejarah Sumpah Pemuda adalah dari hasil rapat para pemuda yakni pada Kongres Pemuda Kedua tanggal 28 Oktober 1928.

Saat itu, para pemuda menyelenggarakan rapat atau kongres pemuda yang diusulkan oleh Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) yakni organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh Indonesia.

Adapun Kongres pemuda tersebut diselenggarakan selama tiga kali dan digelar pada tiga tempat yang berbeda hingga akhirnya melahirkan ikrar pemuda yang disebut Sumpah Pemuda. Ikrar Sumpah Pemuda dibacakan pada 28 Oktober 1928.

Kongres Pemuda dihadiri oleh kumpulan pemuda Indonesia dari Jong Java, Jong Sumatra (Pemuda Sumatra), Pemuda Indonesia Sekar Rukun, Jong Islamieten, Jong Bataksbond, Jong Celebes, Pemuda Kaum Betawi dan Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia.

Kongres Pemuda:

Kongres Pemuda Pertama pada tanggal 27 Oktober 1928

Kongres Pemuda Kedua pada tanggal 28 Oktober 1928

Ikrar Sumpah Pemuda:

PERTAMA: KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA, MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH INDONESIA.

KEDOEA: KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA.

KETIGA: KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA, MENDJOENDJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA.

Momentum lahirnya Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 inilah yang kemudian diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Sejak itu pula, Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober.

banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60 banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *