Enam Agenda Pariwisata di Riau Menjelang Akhir 2022, Apa Saja?

Kadispariwisata Riau, Roni Rakhmat, saat melepas peserta Festival Rupat Running 10 K di Mercusuar Kecamatan Rupat Utara, Ahad (24/10/2021). (Internet)

Konstan.co.id – Jelang akhir tahun 2022 Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau akan menggelar enam agenda wisata.  Kegiatannya bakal digelar di sejumlah kabupaten/kota di Riau.

Kepala Dinas Pariwisata Riau Roni Rakhmat menerangkan, selama tahun 2022 pihaknya telah melaksanakan berbagai kegiatan menarik untuk meningkatkan potensi wisata Bumi Lancang Kuning.

Bacaan Lainnya

Untuk dua bulan terakhir di tahun 2022, masih ada enam acara menarik yang akan berlangsung.

“Akan ada enam events lagi menjelang akhir tahun 2022 yang akan dilaksanakan di kabupaten kota se-Riau,” kata Roni Sabtu (22/10/2022).

Enam kegiatan tersebut di antaranya adalah Tour De Siak. Kegiatan ini adalah perlombaan bersepeda multi-hari yang diadakan setiap tahun di Kabupaten Siak, Riau.

Pesertanya adalah atlet sepeda dari berbagai negara. Dengan events ini kabupaten dengan julukan Kota Istana akan lebih dikenal oleh kalangan mancanegara.

“Tour the Siak Insyaallah 1 sampai 4 Desember,” ucap Roni.

Kemudian ada Festival Rupat 2022 dan Running 10 K di Pulau Rupat. Event ini merupakan sebuah perhelatan yang bertujuan untuk mengenalkan pesona dan budaya Pulau Rupat, sebuah pulau eksotis yang terletak di Kabupaten Bengkalis sisi utara Provinsi Riau, berbatasan langsung dengan Malaysia.

“Festival Rupat 2022 dan Running 10 K di Pulau Rupat pada November,” lanjutnya.

Kemudian, ada Festival Bono 2022. Untuk peselancar disarankan mengikuti events ini agar dapat menjajal ombak bono di Sungai Kampar, Kabupaten Pelalawan, yang sudah terkenal hingga ke luar negri itu.

“Festival Bono juga akan diselenggarakan. Namun, untuk waktunya masih memastikan puncak Bono tertingginya,” beber Roni.

Lalu ada Tour de Muara Takus events sepeda dengan titik Finish Candi Muara Takus. Kegiatan ini juga merupakan upaya mengembangkan pariwisata yang ada di Kabupaten Kampar.

Selanjutnya, beralih ke Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) ada event Festival Benteng Tujuh Lapis Rohul 2022 di Desa Dalu-dalu, Kecamatan Tambusai.

Festival ini mengangkat cerita tentang perjuangan Tuanku Tambusai sebagai pahlawan pejuang kemerdekaan yg berasal dari Rokan Hulu, Riau.

Terakhir ada events Festival Mancing Dumai 2022. Kegiayan ini merupakan bagian dari pengembangan sport tourism di Kota Dumai, laut Dumai. Lokasinya berada di selat antara pesisir Kota Dumai dan Pulau Rupat, yang dikenal sebagai spot pancing ikan dikalangan masyarakat tempatan.

“Sampai akhir tahun ini Insyaallah full berbagai event di Riau,” ucap Roni.

(Mcr)

Pos terkait

banner 468x60 banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *