Pemkot Pekanbaru Bakal Tambah Anggaran Penanganan Banjir

Banjir di jalan HR Soebrantas, Panam, Pekanbaru. (Cakaplah.com)

Konstan.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru akan menaikkan anggaran penanganan banjir untuk tahun 2023. Keputusan ini dilakukan, lantaran pengendalian banjir termasuk program prioritas.

Demikian disampaikan Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Muhammad Jamil Rabu (12/10/2022).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, bahwa anggaran pengendalian banjir akan digabungkan dalam anggaran Operasional dan Pemeliharaan (OP) Dinas PUPR.

“Ditambah untuk dianggarkan seperti untuk normalisasi sungai, satu tahun saja tidak digali sudah dangkal lagi. Berapanya masih akan kita hitung tapi masuk ke OP, karena dana OP bisa untuk pengendalian banjir. Tentu ada bertambah, kalau hujan saja satu hari, Pekanbaru terendam. Ini nggak bisa dihindari, apalagi Pekanbaru rendah,” ujar Jamil, Rabu (12/10/2022).

Dikatakan dia, Pemkot Pekanbaru akan terus berupaya agar banjir tidak terus meluas melalui program pengendalian banjir.

“Hujan itu rahmat tapi bagaimana kita mengendalikan supaya tidak melebar kemana-mana. Bagaimana Pekanbaru mengendalikan banjir,” ujar Jamil.

Kepada masyarakat Jamil menyampaikan imbauannya agar untuk tetap waspada dan selalu  bergotong royong di lingkungan masing-masing.

Karena menurutnya, hal tersebut merupakan salah satu cara agar air tetap mengalir dan tidak menimbulkan banjir. “Kalau selokan bersih, air tentu mengalir cepat ke sungai,” sebutnya.

Pos terkait

banner 468x60 banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *