Sroll Baca Artikel
BeritaDaerahHukrim

Letkol Inf Aidil Amin, Putra Riau Pertama yang Jabat Sebagai Danbrigif

1054
×

Letkol Inf Aidil Amin, Putra Riau Pertama yang Jabat Sebagai Danbrigif

Sebarkan artikel ini
Letkol Inf Aidil Amin resmi dilantik sebagai Komandan Brigade Infanteri 7/Rimba Raya.

Konstan.co.id – Letkol Inf Aidil Amin resmi dilantik sebagai Komandan Brigade Infanteri 7/Rimba Raya oleh Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan dihadapan seluruh prajurit dan PJU Kodam I/BB di Makodam I/BB Medan, Rabu (06/12/2023).

Jabatan mentereng nan prestisius ini diemban sosok perwira menengah (pamen) kelahiran Pulau Birandang 2 Agustus 1979 itu atas dedikasinya selama berkarir di dunia militer. Sehingga, ia pantas mendapat promosi pangkat Kolonel.

banner 468x60

Tercatat, Letkol Inf Aidil Amin yang bergelar adat Datuok Palo Panglimo Kampa ini menjadi putra Melayu Riau pertama yang mengemban amanah bergengsi sebagai Danbrigif.

Baca Juga

Sebab, sangat jarang pamen TNI AD yang bisa menjabat Danbrigif. Total hanya ada 15 jabatan Danbrigif di Indonesia, setiap Kodam hanya memiliki satu jabatan. Maka jabatan ini cukup langka dan begitu asing ditelinga orang awam.

Kepada awak media, Letkol Inf Aidil Amin yang berdarah Ocu ini mengungkapkan rasa syukur dan terimakasih kepada seluruh masyarakat Riau, khususnya Kampar yang senantiasa memberikan doa hingga ia dapat diamanahkan jabatan ini.

“Terimakasih kepada masyarakat Riau, khususnya Kampar. Keberhasilan selama ini tentunya tidak terlepas dari doa dan dukungan serta kerjasama semua prajurit yang pernah bekerja sama dengan saya,” ungkap Letkol Inf Aidil Amin, via WA.

Bermarkas di Galang Kabupaten Deli Serdang, Brigif 7/RR membawahi tiga batalyon, yaitu Batalyon Infanteri 122/Tombak Sakti, Batalyon Infanteri 125/Simbisa dan Batalyon Infanteri 126/Kala Cakti yang diberada di wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Sebelum dipromosikan sebagai Danbrigif 7/RR menggantikan Kolonel Inf Nur Wicahyanto, jabatan lama abituren Akmil 2001 ini pernah menjabat sebagai Danyon 132/Bima Sakti dan Dandim 0313/KPR ditanah kelahirannya Riau.

Selanjutnya menjabat Dansecata B Padang Panjang dan terakhir sebagai staf di Mabesad bagian personalia Angkatan Darat (Spersad).

Suami dari Dokter Imelda Bahar ini, juga tercatat sebagai perwira menengah TNI AD dengan seabrek penugasan-penugasan penting di satuannya dengan segudang prestasi.

Sejumlah jabatan strategis ayah tiga orang anak ini karirnya dimulai dari Komandan Pleton hingga Komandan Kompi di Kodam Jaya.

Kemudian, Alumni SMAN 1 Bangkinang 1998 ini juga pernah dipercaya sebagai Komandan Rayon Militer di Tangerang.

Selanjutnya, dipromosi menjadi Wakil Komandan Distrik Militer. Karirnya berlanjut ke Kodam II Lampung Timur menjadi Perwira Penghubung.

Tak lama, ia diberi posisi sebagai Wakil Danyon 144/Jaya Yudha, Bengkulu. Kemudian ditarik ke Mabes TNI menjadi Staf Teritorial AD sebelum ditugaskan sebagai Paban Madya Bidang Operasional Kodam I/BB dan menjabat Kepala Staf Pribadi Pangdam I/BB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Artikel ini diproteksi