Sroll Baca Artikel
BeritaBisnisDaerahKamparPeristiwa

Desa Koto Masjid Kampar Gelar Festival Kampung Patin

69
×

Desa Koto Masjid Kampar Gelar Festival Kampung Patin

Sebarkan artikel ini
Gubernur Riau Brigjen TNI (Pur) Edi Natar Nasution,S.IP, dan Sekda Kampar Hambali, SH,MBA,MH.

Konstan.co.id – Pemerintah Desa Koto Mesjid, Kabupaten Kampar, Riau menggelar Festival Kampung Patin, Sabtu (25/11/2023) dalam ranggka sempena hari ulang tahun Desa Koto Mesjid ke-24.

Festival itu digelar sekaligus mengenang tenggelamnya Desa Koto Mesjid pada 30 tahum yang lalu.

banner 468x60

Puncak hari jadi Desa yang dipusatkan di lapangan sepak bola Desa Koto mesjid tersebut, dihadiri langsung Gubernur Riau Brigjen TNI (Pur) Edi Natar Nasution,S.IP, dan Pj Bupati Kampar H. Muhammad Firdaus,SE,MM yang diwakili Sekda Kampar Hambali, SH,MBA,MH.

Baca Juga

Selain itu hadir juga Staf Ahli Gubernur Yurnalis Basri, Karo Kesra Provinsi Riau Zulkifki Syukur, Ketua MUI Riau Zulhusni Domo, Ketua DPRD Kampar M Faisal,ST, Anggota DPRD Kampar Juswari Umar Said, Kadis Pariwisata Zamhur, Kadis Koperasi Dendi, Kadis PMD Lukmansyah Badoe, Kadis Perikanan Zulfahmi, dan Camat XIII Koto Kampar Zulfikar,S.Ag,

Sekda Kampar Hambali dalam arahan singkatnya menyampaikan bahwa Desa Koto Mesjdi termasuk desa yang istimewa, karena dalam pembangunan proyek Nasional Tol Pekanbaru-Sumbar, di Desa Koto Masjid terdapat satu pintu atau Exsit Tol.

Terkait kampung patin, dimana sesuai dengan moto ” Satu Kolam Satu Rumah”. Hambali menyambut baik hal tersebut.

“Ini kampung yang luar biasa, dalam setiap hari bisa menghasilkan ikan patin basah dari budidaya masyarakat lebih kurang 15 s/d 20 ton,” ucapnya.

Selain ikan basah, olahan yang sangat luar biasa dihasilkan para kaum ibu-ibu milenial.

Hasil produksi yang terkenal ialah Ikan Salai patin, Abon patin, Keripik, Naget, dan Bakso ikan.

“Untuk itu, ini harus kita dukung karena mereka semua sudah berbuat untuk kemajuan desa khususnya dibidang kuliner olahan dari ikan,” sebut Hambali.

Usai memberikan arahan, Sekda kampar Hambali bersama Gubernur Riau Edi Natar menyerahkan secara simbolis beberapa Piagam Anugrah Kebudayaan Kampar tahun 2023 melalui Dinas Pariwisata Kampar.

Sementara itu Gubernur Riau Edi Natar dalam sambutannya  mengajak semua pihak untuk selalu mensyiarkan kebiasan di masjid. Karena pada subuh tadi kami baru melaksanakan “Safari Subuh Berjema’ah” di Masjid Simpang Kubu Kecamatan Kampar.

Selanjutnya terkait potensi di yang ada di Desa Koto Mesjid, Edi menyebut ini hal luar biasa.

Menurutnya, dengan modal sendiri hampir seluruh rumah masyarakat memiliki kolam ikan, sesuai dengan julukan kampung patin.

Walaupun demikian, Edi juga mendengar keluhan masyaraka terkait tingginya harga pakan ikan. Ini ternyata menjadi persoalan mendasar yang berpengaruh mabagaimana mengembagkan produk ikan ini kedepan.

Ia mengajak agar berkoordinasi dengan baik pada Dinas Perikanan Kampar, Pemerintahan Desa, serta tokoh pelaku usaha.

“Mari kita cari solusi terbaik, dari pemprov sendiri akan berupaya siap membantu sesuai prosedur yang ada gar kampung patin ini kedepan labih berkembang,” paparnya.

Disisi lain, Kepala Desa Koto Mesjid Arjunalis Dt Rajo Mangkulu mengungkapkan bahwa Festival Kampung patin sempena Hut Koto Mesjid ke-24 mengangkat tema “Kampung Patin Maimbau”.

“Artinya, ini sesuai juga dengan moto Desa Koto Mesjid ” Tiada Rumah Tampa Kolam”. Maksudnya kehidupan masyarakat koto mesjid didominasi dengan memiliki kolam ikan patin, makanya juga digelar setiap tahun kegiatan “Nangkok Patin” sejak tahun 1999,” jelasnya.

Apresiasi disampaikan juga Arjunalis kepada seluruh panitia dan masyarakatnya, dengan kerjasama semua kegiatan bisa terlaksana mulai dari pergelaran Kernaval, lomba bakar patin, dan makan bajambau, dan lomba basiacuong.

Kemudian juga dilanjutkan pada tanggal 26 November dengan kegiatan senam sehat bersama, seminar Kewirausahaan, serta malam hiburan rakyat dengan mendatangkan artis Defry LIDA Indosiar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Artikel ini diproteksi