Sroll Baca Artikel
Politik

Waspada Hoaks Menggunakan AI, Ini Pesan Polresta Pekanbaru

361
×

Waspada Hoaks Menggunakan AI, Ini Pesan Polresta Pekanbaru

Sebarkan artikel ini
Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru Kompol Bery Juana.

Konstan.co.id – Penggunaan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan belakangan ini kerap disalah gunakan untuk membuat hoaks. Informasi itupun beredar dengan cepat dan bahkan diyakini menjadi sebuah informasi yang benar oleh masyarakat.

Hoaks menggunakan AI ini bahkan pernah menimpa Presiden Jokowi. Dalam video yang beredar, Jokowi tampak berpidato dengan menggunakan bahasa mandarin. Faktanya, video itupun sudah melalui proses penyuntingan dengan menggunakan AI.

banner 468x60

Tidak hanya itu, beberapa waktu lalu juga beredar rekaman suara Forkompinda Batubara mendukung salah satu Capres. Rekaman suara itupun sudah dipastikan dibuat menggunakan AI dan telah ditindak lanjuti Mabes Polri. 

Atas kondisi itu, Satreskrim Polresta Pekanbaru meminta masyarakat agar selalu waspada dengan informasi hoaks yang saat ini sudah mulai dibuat menggunakan kecerdesan buatan. 

“Meski di Kota Pekanbaru belum ada, tetapi kami selalu ingatkan masyarakat agar selalu waspada dan jangan cepat percaya dengan informasi yang beredar,” pesan Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru Kompol Bery Juana  Kamis (25/1).

Menurut Bery, hoaks menggunakan kecerdasan buatan memang sudah cukup meresahkan. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang langsung percaya dan tersulut emosinya.

error: Artikel ini diproteksi