Rutin Laksanakan Medical Check Up Bagi Warga Binaan, Kalapas Bangkinang: Kesehatan Prioritas Utama

Medical Check Up Bagi Warga Binaan Lapas Kelas IIA Bangkinang.

Konstan.co.id – Kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia. Hak atas kesehatan tersebut adalah hak untuk memperoleh pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan kesehatan agar dapat mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Begitupun dengan warga binaan yang tengah menjalani pembinaan di Lapas/ Rutan tentunya juga memiliki hak untuk memperoleh pelayanan dan fasilitas kesehatan yang layak.

Dalam hal pemenuhan hak pelayanan dan fasilitas kesehatan, Lapas Kelas IIA Bangkinang Kanwil Kemenkumham Riau setiap harinya rutin melakukan cek kesehatan (Medical Check Up) kepada warga binaan.

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan medical check up ini diadakan pada poliklinik Lapas maupun blok hunian wargabinaan dengan sistem jemput bola, yang mana merupakan salah satu inovasi dari Lapas Bangkinang dalam meningkatkan fasilitas dan pelayanan kesehatan kepada WBP.

“Hampir setiap harinya kami laksanakan cek kesehatan kepada wargabinaan, terlebih kepada wargabinaan yang sudah lanjut usia (lansia) tentunya menjadi fokus utama kami untuk memperhatikan kesehatannya,” ujar Kalapas Bangkinang, Sutarno, Senin (30/5).

Menurut dia, pelayanan kesehatan merupakan hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh setiap manusia, termasuk warga binaan.

“Kesehatan WBP merupakan prioritas utama bagi kami, dengan memiliki fisik yang sehat tentunya program pembinaan yang diberikan dapat dijalani dengan baik,” sebutnya.

Sutarno mengungkapkan bahwa saat ini Lapas Bangkinang telah dilengkapi fasilitas kesehatan.

Fasilitas itu diberikan bagi seluruh warga binaan.

“Lapas Bangkinang sendiri telah melengkapi fasilitas kesehatan, baik berupa alat medis maupun obat-obatan yang tersedia pada poliklinik Lapas. Semua fasilitas itu layak bagi warga binaan,” tuturnya.

“Selain dilengkapi fasilitas, kita juga rutin melakukan kontrol ke blok hunian untuk memantau perkembangan kesehatan dari wargabinaan, serta turut memberikan multivitamin dan masker pada saat masa pandemi Covid-19 ini,” jelas Sutarno.***

banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60 banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *