Pelatihan Keterampilan Kerja Bagi Warga Binaan, Lapas Bangkinang Hadirkan Instruktur Dari Jakarta Selatan

Kepala Lapas Bangkinang, Sutarno berikan kata sambutan dihadapan Warga binaan.

Konstan.co.id – Sebagai upaya untuk meningkatkan skill dan keterampilan kerja bagi seluruh warga binaan, Lembaga Kelas IIA Bangkinang berikan pelatihan kemandirian kerja, Senin (7/3).

Tak tanggung tanggung, dalam pelatihan kemandirian kerja tersebut pihak Lapas langsung menghadirkan Instruktur dari Jakarta Selatan.

Bacaan Lainnya

Pelatihan digelar bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Keterampilan (LPK) Puspa Antariksa.

Kepala Lapas Bangkinang, Sutarno mengungkapkan bahwa ada sejumlah pelatihan yang akan diberikan kepada warga binaan di dalam Lapas.

Pelatihan diberikan sebagai bentuk kepedulian pihak Lapas terhadap warga binaannya untuk meningkatkan skill dan keterampilan kerja agar dapat menjadi pribadi yang mandiri dan dapat mengembangkan potensi yang dimiliki.

“Pelatihan yang kita berikan yakni, Pelatihan Pertanian, Perikanan, Peternakan Ayam Potong, Tata Boga, Barista, Handycraft, Barbershop, serta Pertukangan. Ini semua dilaksanakan selama satu minggu,” ujarnya.

Dalam program pelatihan ini, Sutarno menghimbau agar seluruh warga binaan dapat fokus mengukuti apa yang disampaikan oleh Instruktur, sehingga semua ilmu yang diberikan dapat diterapkan apabila telah habis masa tahanan dan hidup bermasyarakat.

“Saya harap saudara harus mampu memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar dengan sungguh-sungguh, sebab Lembaga Pendidikan Keterampilan (LPK) Puspa Antariksa merupakan lembaga yang profesional dalam memberikan pelatihan-pelatihan khususnya kepada wargabinaan,” sebutnya.

Sutarno memaparkan bahwa pihaknya kerap memberikan pelatihan keterampilan secara masif kepada warga binaan. Hal itu dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada warga binaan tentang bagaimana cara kreatif dan berinovasi meski dalam keterbatasan.

“Yang diberikan oleh Lapas Bangkinang ini diharapkan dapat menghasilkan bibit-bibit SDM yang unggul, kreatif dan inovatif sehingga setelah menjalani pidana dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan mandiri,” urainya.

Hal Senada juga disampaikan Pimpinan Lembaga Pendidikan Keterampilan, Puspa Antariksa.

Ia mengatakan bahwa pelatihan ini dimaksudkan untuk manambah dan meningkatkan kemandirian keterampilan kerja WBP agar dapat mandiri selepas menjalani pembinaan di Lapas Bangkinang.

“Ini kesempatan emas. Pelatihan seperti ini apabila diluar Lapas tentunya tidak gratis dan juga membutuhkan waktu yang tidak singkat, jadi saudara harus sepenuh hati dan tekun dalam mengikuti kegiatan pelatihan ini,” sebutnya.

“Kegiatan ini 80 persen merupakan praktek langsung jadi harus dilakukan dengan perasaan nyaman, enjoy dan happy agar kita dapat menyerap ilmunya serta memahami dan menguasainya lebih mudah,” jelas Puspa.

Dia juga menuturkan bahwa lembaganya senantiasa untuk menjembatani WBP Lapas Bangkinang untuk dapat bergabung di dalam rumah singgah atau training center. Tentunya warga binaan yang sudah selesai menjalani masa pidana.

“Kita siap menjembatani jika warga binaan sudah selesai masa pidananya untuk bergabung. Kita fasilitasi dengan baik,” kata Puspa.***

Editor: YD

banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60 banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *