Sroll Baca Artikel
BeritaDaerahKampar

Mall Hijrah Menggapai Berkah Ala Lapas Bangkinang

36
×

Mall Hijrah Menggapai Berkah Ala Lapas Bangkinang

Sebarkan artikel ini

Konstan.co.id – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bangkinang Kanwil Kemenkumham Riau kembali menghadirkan terobosan kegiatan pembinaan guna membentuk karakter warga binaan yang lebih Agamis.

Bertemakan “Let’s Be Smart Muslim”, Lapas Bangkinang melaksanakan berbagai macam perlombaan keagamaan dalam rangka menyemarakkan Bulan Muharram 1444 Hijriah, Senin (8/8).

banner 468x60

Perlombaan yang akan disuguhkan diantaranya Perlombaan Adzan, Tahfidz Qur’an, Cerdas Cermat, Shalawat dan pemilihan Duta Muslim/ Hijrah. Rangkaian kegiatan ini akan diikuti oleh wargabinaan Lapas Bangkinang, yang mana akan dilaksanakan pada Masjid At-Taubah Lapas Bangkinang.

Berbeda dari Pekan Muharram tahun lalu, maskot perlombaan pada Pekan Muharram 1444 H adalah pemilihan Duta Muslim. Pemilihan duta muslim akan dinilai dari kecerdasan spritual, intelektual dan emosional dari peserta warga binaan. Nantinya dari penggabungan kategori tersebut akan dipilih satu warga binaan menjadi Duta Muslim warga binaan Lapas Bangkinang.

Kalapas Kelas IIA Bangkinang, Sutarno berkesempatan membuka kegiatan Pekan Muharram Tahun 1444 H dan didampingi oleh Kasi Binadik, Kasubsi Registrasi dan Kasubsi Bimkemaswat. Sekaligus menyampai arahan dalam pelaksanaan Pekan Muharram tahun ini.

“Muharram tahun ini diwarnai dengan kegiatan perlombaan yang baru, yakni pemilihan Duta Muslim. Kalau dilaksanakan dengan baik, tentu hal ini menjadi suatu inovasi bagi kita. Laksanakan perlombaan ini dengan sebaik mungkin, itu harapan saya selaku pimpinan,” sebut Sutarno.

“Saudara memiliki kesempatan untuk mengembangkan pengetahuan keagamaan selama di Lapas, maka isilah dengan kegiatan majelis ilmu. Harapan kami santri yang ada disini semakin bertambah, yang mana tentu dapat menyejukkan Lapas Bangkinang,” ujarnya kepada para santri.

Ia juga menyampaikan Lapas Bangkinang akan menyiapkan kelas khusus yang akan bekersajama dengan stakeholder terkait untuk mendalami ilmu Agama Islam sehingga wargabinaan dapat menjadi pribadi yang diandalkan dalam hal keagamaan saat sudah bebas dan kembali kelingkungan masyarakat.

“Jika sudah ada kelasnya kita akan lebih dapat mendalami berbagai ilmu agama, khususnya yang muslim. Suatu kebanggaan bagi kami apabila santri dari Lapas Bangkinang mampu menguasai ilmu yang dapat berguna bagi lingkungan masyarakatnya kelak,” pungkasnya.

Diakhir acara, Kalapas Bangkinang turut melantik 5 (lima) orang dewan juri yang akan melakukan penilaian kepada peserta dalam perlombaan Pekan Muharram 1444 Hijriah.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bot Verification

Verifying that you are not a robot...

error: Artikel ini diproteksi