Kebakaran Terjadi di Desa Salo Kampar, Kades: Tidak Diketahui Siapa Pemilik Lahannya

Konstan.co.id – Peristiwa kebakaran lagi-lagi kembali terjadi di Desa Salo, Kabupaten Kampar, tepatnya di RT 01 RW 02 Dusun Koto Bangun, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, Riau.

Lahan yang terbakar itu terjadi pada Senin siang (17/1) sekitar pukul 13.30 WIB.

Bacaan Lainnya

Kepala Pusdalops BPBD Kabupaten Kampar, Adi Candra mengungkapkan bahwa kebakaran itu terjadi di lahan milik masyarakat. Diperkirakan lahan itu seluas 2 Hektare.

“Iya siang tadi kejadiannya. Pemadaman dilakukan secara manual sebab sumber air jauh dari lokasi kejadian,” ujarnya saat dikonfirmasi Konstan.co.id, Senin (17/1).

Dia mengatakan, selain jauh dari lokasi air, sulitnya memadamkan api lantaran lahan sudah dipenuhi semak belukar dan pohon akasia. Semak membuat api mudah merambat sehingga pemadaman harus dilakukan secara manual.

“Kita juga turunkan satu unit Mobil Strada Logistik BPBD Kampar serta tiga baju Anti Api untuk melakukan pemadaman,” tuturnya.

Candra juga mengatakan bahwa pemadaman api juga dibantu oleh tim gabungan seperti TNI, Polri, Satpol PP serta aparatur Desa Salo.

Hingga kini, kata dia, penyebab kebakaran belum diketahui.

“Belum diketahui penyebab kebakaran dan masih dalam pendataan, namun Kondisi lahan sudah berhasil dipadamkan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Salo, Ihfasni Arham membenarkan peristiwa kebakaran tersebut.

Ia mengatakan bahwa lokasi kebakaran terjadi di sekitar tempat wisata Sungai Hijau 3 Desa Salo.

“Di sekitar sungai hijau 3,” ulasnya.

Pria yang kerap disapa Buya itu mengaku sampai saat ini belum mengetahui siapa pemilik lahan tersebut, namun ia berada dilokasi ketika mendapat kabar ada lahan yang terbakar di Desa Salo.

“Tidak diketahui siapa pemilik lahannya, itu RTnya Jusminur, Kadusnya Ibrahim. Semuanya hadir di lokasi termasuk Camatnya,” kata Ihfasni memungkasi.**(YD)

Pos terkait

banner 468x60 banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *