Inspektur Buka Sosialisasi penginputan validasi realisasi P3DN pada OPD

Konstan.co.id – Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Inspektur Daerah Kabupaten Bengkalis H Radius Akima membuka Sosialisasi Penginputan Validasi Realisasi, Pengguna Produk Dalam Negeri (P3DN) bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bengkalis, Senin, 30 Mei 2022 di Ruang Aula Lantai II Inspektorat Daerah Bengkalis.

Acara sosialisasi tersebut langsung di pimpin oleh Perwakilan Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Provinsi Riau Yanarius.

Dalam arahannya Yanarius menjelaskan, Program P3DN merupakan langkah strategis untuk memperkuat industri dalam negeri, sekaligus mengurangi ketergantungan terhadap impor, walaupun, sebenarnya telah terjadi penurunan impor, namun penurunan ini belum cukup karena nilai penggunaan barang impor masih cukup tinggi.

“Pelaksanaan Program P3DN di tahun 2022 sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan belanja produk dalam negeri dan produk UMKM serta Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah,” Jelas Yanarius.

Yanarius berharap pihak-pihak yang terkait dengan P3DN diminta untuk melaporkan Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) selaku admin aplikasi, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Inspektur/APIP bertugas mengawasi.

“Hasil inputing atau Pelaporan pada Sistem Pengawan (Siswas)P3DN ini nantinya dapat dimanfaatkan pemerintah daerah/kementerian/lembaga terkait, kelambatan menginput aplikasi SiswasP3DN akan berpengaruh pada kinerja realisasi P3DN di pemda yang bersangkutan,” imbuhnya.

Kemudian Yanarius menambahkan, inputing juga meliputi progress/Kemajuan pemenuhan pemda dalam membentuk penyusunan komitmen dan realisasi P3DN dengan cara menginputnya ke dalam aplikasi tersebut.

“Pihak yang perlu mengisi adalah Tim P3DN, e-katalog lokal yang isinya produk-produk yang bisa dibeli pada daerah setempat dan kebijakan/peraturan untuk mendukung keberpihakan penggunaan produk dalam negeri. Pada saatnya nanti auditor BPKP Riau akan melakukan reviu lapangan terhadap kecepatan realisasi P3DN di pemda,”tambah Yanarius.

Selanjutnya H Radius mengatakan acara Sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman apa yang dimaksudkan produk dalam negeri dengan tujuan melaporkan atau menginput di aplikasi SiswasP3DN dan bagaimana cara menginput data ke dalam aplikasi.

“Kami berharap semua peserta megikuti sosialisasi ini dengan penuh hikmat dan dengan sebaik baiknya hingga selesai,” harap H Radius.

Kegiatan Sosialisasi penginputan validasi realisasi P3DN diikuti seluruh OPD Kabupaten Bengkalis.

Pos terkait

banner 468x60 banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *