DLH Bengkalis Gelar Bimtek Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah

Konstan.co.id – Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis menggekar bimbingan teknis (Bimtek) gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah se-Kabupaten Bengkalis Senin, 30 Mei 2022 di Pantai Marina Hotel Bengkalis.

Dibuka Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis Mohammad Azmir diwakili Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Lamin, bimtek tersebut diikuti 30 kepala sekolah dan operator sekolah utusan kecamatan se-Kabupaten Bengkalis selama dua hari, mulai 30 hingga 31 Mei 2022.

Mohammad Azmir dalam sambutannya yang dibacakan Lamin mengatakan, lingkungan hidup menjadi penting untuk dijaga kelestariannya demi kelangsungan hidup dan kesejahteraan makhluk hidup sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan No.32 tahun 2009.

“Kurangnya kesadaran kita terhadap lingkungan hidup, terjadi karena adanya anggapan yang memandang bahwa pemanfaatan alam bagi manusia merupakan hal yang wajar. Kondisi inilah yang mendorong perlunya memberikan pemahaman bagi generasi muda di Kabupaten Bengkalis tentang kepedulian terhadap lingkungan sejak dini dimulai di ligkungan sekolah melalui implementasi sebuah gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah,” ujarnya.

Diungkapkan Mohammad Azmir, gerakan ini menerapkan pengalaman belajar dan pembentukan karakter pada peserta didik. Yang mana pendidikan karakter dalam proses pembelajaran di kelas dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan terintegrasi dalam semua mata pelajaran sehingga dapat mengoptimalkan perkembangan seluruh ranah kompetensi peserta didik, meliputi ranah kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap.

“Gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah merupakan sebuah aksi bersama, sukarela dan berjejaring serta berkelanjutan yang dilakukan oleh warga sekolah dalam penerapan prilaku ramah ligkungan hidup di sekolah,” pungkasnya.

Sampai dengan tahun 2022 berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis, sekolah yang mendapatkan adiwiyata tingkat Kabupaten Bengkalis sebanyak 98 sekolah, tingkat Provinsi 58 sekolah, tingkat nasional 7 sekolah serta adiwiyata mandiri 1 sekolah.

Oleh karena itu, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup ini mengharapkan kerjasama dan semangat lintas terkait guna meningkatkan capaian sekolah dalam melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan di sekolah.

Turut hadir dalam pembukaan Bimtek tersebut Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis Agusilfridimalis, Kepala Kemenag diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Lukman, Kepala Bidang Sosial Dinas Sosial Basuki, narasumber serta tim penilai adiwiyata.

banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60 banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *