Curah Hujan Tinggi, Manager PLTA Koto Panjang Pastikan Debit Air Masih Aman

Kondisi elevasi Waduk PLTA Koto Panjang, Rabu (29/9/2021). (Dok: Tribunpekanbaru)

Konstan.co.id – Manager PLTA Koto Panjang, Cecep Sofhan Munawan mengungkapkan bahwa saat ini kondisi ketinggian air di waduk masih dalam kategori normal meskipun pada belakangan ini intensitas hujan tinggi.

Cecep mengaku bahwa elavasi waduk saat ini memang mengalami kenaikan namun masih tergolong aman.

Bacaan Lainnya

“Elevasi kita masih aman dan rendah, Kemungkinan di Hulu belum musim hujan. Saat ini elevasi masih di 76,7 mdpl,” kata Cecep saat dikonfirmasi Konstan.co.id, Selasa (23/8).

Ia mengemukakan apabila kondisi air nantinya berada diatas 82,5 mdpl pihaknya akan dilakukan pembukaan pintu air spillway secara bertahap. Hal itu dilakukan untuk mengurangi debit air di waduk PLTA Koto Panjang.

“Normalnya kita berada di 80 mdlp. Apabila sudah berada diatas 82,5 mdpl maka kita akan buka pintu. Namun saat ini masih dalam batas normal dan pintu air spillway tidak dibuka,” tuturnya.

Namun demikian, kata Cecep, pihaknya juga berharap agar warga masyarakat yang berada di sekitar PLTA Kota Panjang tetap waspada dengan adanya musim penghujan saat ini.

Pihak PLTA Koto Panjang juga akan terus berkoordinasi serta berkomunikasi dengan pemerintah daerah.

“Kami akan terus memberikan informasi dan pengumuman bagi masyarakat tentang perkembangan ketinggian muka air waduk PLTA apabila akan dilakukan pembukaan spillway secara bertahap,” jelasnya.**

banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60 banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *