Aturan Dicabut, Masuk Arab Saudi Kini Tak Perlu Karantina-PCR

Dari pemantauan udara suasana Masjidil Haram dan sekitarnya sepi pada hari pertama bulan suci Ramadan di kota suci Makkah, Arab Saudi (24/4/2020). Pemerintah Arab Saudi masih memberlakukan lockdown akibat pandemi Covid-19 di hari pertama bulan suci Ramadan di Kota Makkah. (AFP/Bandar Aldandani)

Konstan.co.id – Saat ini Arab Saudi telah mencabut semua aturan terkait pengendalian dan pencegahan Covid-19. Pemerintahnya juga setempat menghapus kewajiban jaga jarak, baik di dalam maupun luar ruangan.

Penggunaan masker di luar ruangan juga sudah tidak diwajibkan lagi. Namun, untuk di dalam ruangan, masker masih wajib digunakan, misalnya di masjid.

Bacaan Lainnya

Dikutip dari The National News, para pendatang dari luar negeri tidak lagi diharuskan menunjukkan sertifikat vaksinasi dan hasil tes saat tiba di negara tersebut.

Bahkan pemerintah setempat juga telah membatalkan semua persyaratan karantina. Kebijakan baru ini diungkapkan oleh Kementerian Kesehatan melalui akun Twitter-nya.

Menurut Kementerian Kesehatan setempat, pencabutan ini dilakukan karena kasus Covid-19 di Arab Saudi menurun secara signifikan menjadi kurang dari 5 persen. Selain itu, 99 persen populasi di sana, usia 12 tahun ke atas, telah divaksinasi.

“Keputusan ini didasarkan pada tindak lanjut situasi epidemiologis virus corona, umpan balik otoritas kesehatan yang kompeten, dan kemajuan yang telah dicapai dalam memerangi pandemi”, Saudi Press Agency melaporkan.

Meski aturan pembatasan Covid-19 telah dicabut, pihak berwenang tetap mengingatkan masyarakat untuk segera mendapatkan vaksin booster.**

banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60 banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *