Pelabuhan Internasional Selatbaru Tinggal Tunggu Izin Kementerian Perhubungan

Konstan.co.id – Telah Siap untuk beroperasi, Pelabuhan Internasional Selatbaru tinggal menunggu izin Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia.

Dikatakan Wakil Bupati (Wabup) Bagus Santoso, sebelumnya Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah mengajukan permohonan untuk bersedia membuka kembali pintu bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) di Bandar Sri Setia Raja Selatbaru tujuan negara tetangga Malaysia.

“Oleh Gubernur Riau itu ada tiga yang diajukan untuk kembali dibuka, yakni pelabuhan Selatbaru, Dumai dan Meranti. Dumai dan Meranti sudah dibuka, mungkin ada pertimbangan lain yang menyebabkan untuk Bengkalis belum bisa di buka,” ujar Wabup Bagus Santoso Selasa, 31 Mei 2022 kala meninjau pelabuhan Internasional Selatbaru.

Diungkapkan Wabup Bagus Santoso, disisi lain Pemkab Bengkalis bersama stakeholder terkait seperti Imigrasi, Syahbandar dan Beacukai sudah siap jika pelabuhan kebanggaan masyarakat Negeri Junjungan ini dibuka kembali.

“Ada beberapa faktor yang mempertimbangkan kita menggesa Menteri Perhubungan. Selain mempengaruhi geliat ekonomi di Bengkalis, secara kultur negeri kita melayu ini sama dengan Malaysia, jadi warga masyarakat kita rata-rata bersodara dengan yang ada di Malaysia. Maka mereka hampir tiap bulan pulang pergi ke Malaysia. Bukan persoalan jauh dekat, tapi karna kultur yang memang menyatu dari nenek moyang kita,” ucapnya.

Sambil menunggu izin tersebut keluar, Wabup Bagus Santoso meminta masyarakat bersabar dan tetap mengikuti mekanisme prosedur yang ditetapkan Kemenhub.

“Namun Pemkab Bengkalis juga terus menggesa, meminta pelabuhan Bandar Sri Setia Raja di Pulau Bengkalis beroperasi sehingga kita kembali berinteraksi dengan negara jiran Malaysia,” pintanya.

Sementara itu, Plh. Kasi Lalintalkim Imigrasi Bengkalis Ismed Ade Winata menyatakan siap melakukan pemeriksaan keimigrasian jika nantinya Pelabuhan Internasional Selatbaru resmi dibuka.

Disisi lain, Sekretris Dinas Perhubungan Bengkalis Fahrizal menyatakan secara umum fasilitas sudah disiapkan sesuai standar prosedur yang ada. Bahkan pemeliharaan juga sudah dilakukan semata-mata ditujukan untuk kenyamanan para penumpang.

Pos terkait

banner 468x60 banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *