Ganyang Malaysia 4-1, Indonesia Maju ke Semifinal Piala AFF

Selebrasi Witan Sulaeman untuk gol Timnas Indonesia ke gawang Malaysia di Piala AFF 2020 (c) AFF

KONSTAN.CO.ID – Indonesia menumbangkan Malaysia dengan skor telak 4-1 dalam duel matchday terakhir Grup B Piala AFF 2020, National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021).

Pasukan Shin Tae-yong tampil agresif sejak menit awal. Indonesia menerapkan taktik yang sama seperti laga-laga sebelumnya dengan intensitas dan garis pertahanan tinggi.

Malaysia unggul terlebih dahulu lewat gol Kogileswaran Raj di menit ke-13 yang memanfaatkan blunder Irfan Jaya. Meski begitu, Irfan Jaya langsung menebus kesalahannya dengan mencetak dua gol (36′, 43′) untuk membalikkan kedudukan.

Indonesia meningkatkan tempo serangan di babak kedua. Pratama Arhan mencetak gol ketiga (50′) dan Elkan Baggot membungkus kemenangan Indonesia dengan sundulan keras (82′).

Kemenangan 4-1 ini memastikan langkah Indonesia ke babak semifinal sebagai juara grup. Malaysia, di sisi lain, harus tersingkir karena hanya finis di peringkat tiga.

Babak pertama

Pertandingan langsung dimulai dengan intensitas tinggi. Indonesia mencoba mengurung Malaysia sejak awal. Malaysia menunggu kesempatan serangan balik.

Menit ke-12, skema tendangan sudut Malaysia tidak berbahaya, tapi Irfan Jaya membuat kesalahan dalam membuang bola. Bola mendarat tepat di depan Kogileswaran yang menyambutnya dengan tembakan melengkung ke tiang jauh. Gol! Malaysia 1-0 Indonesia.

Kebobolan memaksa Indonesia meningkatkan tempo serangan. Terjadi insiden di menit ke-19, Indonesia protes karena wasit tidak memberikan hukuman untuk pelanggaran keras Malaysia.

Malaysia tampak kerepotan mengatasi tekanan intens yang diterapkan skuad Garuda. Hingga menit ke-30, Indonesia lebih dominan dengan total 11 tembakan.

Menit ke-36, usaha Indonesia akhirnya membuahkan gol balasan. Skema serangan dari sayap kanan, Witan Sulaeman mengirim umpan tarik untuk Irfan Jaya yang berdiri tak terkawal di tengah kotak penalti. Gol! Malaysia 1-1 Indonesia.

Indonesia terus menjaga tempo serangan. Menit ke-43, Irfan Jaya kembali mencetak gol. Kali ini bermula dari penetrasi Pratama Arhan di sisi kiri, bola liar lantas disambut Irfan dengan tembakan keras. Gol! Malaysia 1-2 Indonesia.

Babak kedua

Pertandingan dimulai kembali, Indoneia menjaga tempo yang sama seperti babak pertama. Pelatih Shin Tae-yong melakukan pergantian formasi dengan memainkan Elkan Baggott.

Menit ke-50, Indonesia berhasil mencetak gol ketiga. Berawal dari skema tendangan sudut, Pratama Arhan menerima bola di sisi kiri luar kotak penalti dan mengirim tembakan keras ke sudut kanan atas. Gol! Malaysia 1-3 Indonesia.

Indonesia bermain semakin nyaman. Hingga menit ke-70, Irfan Jaya beberapa kali mendapatkan peluang matang untuk mencegak hattrick, tapi eksekusinya belum maksimal.

Menit ke-82, Indonesia kembali mencetak gol. Kali ini dimulai dari tendangan sudut Evan Dimas yang dituntaskan sundulan keras Elkan Baggott. Gol! Malaysia 1-4 Indonesia.

Malaysia terus mencoba di sisa laga, tapi tidak ada gol tambahan bagi kedua tim. Tambahan waktu 4 menit tidak mengubah apa pun. Skor 4-1 untuk kemenangan Indonesia.

Hasil ini mengantar Indonesia ke babak semifinal sebagai pemuncak klasemen. Tim Garuda akan menghadapi tuan rumah Singapura. Malaysia, di sisi lain, harus gigit jari karena hanya finis di peringkat ketiga.

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: bola.net

banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60 banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *