Sroll Baca Artikel
BeritaDaerahPemerintahan

Program Smartcity, Kota Bagansiapiapi Akan Dipasang CCTV

27
×

Program Smartcity, Kota Bagansiapiapi Akan Dipasang CCTV

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiks) Indra Gunawan SE MH

Konstan.co.id – Selain fokus pada bidang pembangunan infrastruktur dan lainnya, Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP juga memiliki program menjadikan Bagansiapiapi sebagai Smartcity.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Bupati Rohil melalui Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiks) Indra Gunawan SE MH telah melakukan lobi terhadap salah satu anak perusahaan BUMN yakni PT. Icon Plus Indonesia.

banner 468x60

“Saya telah berkoordinasi dengan GM PT Icon dan mereka sangat mendukung gagasan pak Bupati ini,” kata Indra Gunawan SE MH dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (8/4/2023).

Baca Juga

Smart city sendiri, pada intinya merupakan konsep pengelolaan kota yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) agar kota menjadi lebih cerdas dan efisien di dalam pemanfaatan berbagai sumberdaya yang ada, serta meningkatkan pelayanan dan kualitas kehidupan masyarakat kota.

Sebagai bentuk dukungan Pt Icon Plus dalam pengembangan program smartcity Bagansiapiapi lanjutnya, untuk tahap awal tahun ini pihak icon akan memasang 3 titik CCTV di persimpangan dalam kota Bagansiapiapi.

“Ini diberikan secara cuma-cuma oleh PT Icon dengan CCTV resolusi tinggi tanpa menggunakan APBD,” tegas Indra.

Sebelum pemasangan CCTV nantinya sebut Indra, terlebih dahulu akan dilakukan survey untuk menentukan lokasi yang tepat dalam pemasangan tahap awal.

Program smartcity Bagansiapiapi ini, kata Indra, berkaca dari berbagai wilayah yang ada di Indonesia seperti pulau jawa. Dimana, hampir disetiap persimpangan gang sudah memiliki CCTV.

Smartcity ini juga, akan memudahkan dalam pemantauan dan pengawasan serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita berharap kedepan ibu kota Bagansiapiapi akan menjadi prototype kota digital di Kabupaten Rokan Hilir,” jelasnya. (ADV).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Artikel ini diproteksi