Gempa Bumi dan Banjir Landa Pasaman Barat Hari Ini

Banjir di Jorong Silawai Tengah, Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasbar. (Foto: FB Zulkarnain)

Konstan.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan kejadian gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,5 di Pasaman Barat pada pukul 10.46 WIB, Rabu (28/9/2022). Selain itu, pada hari yang sama juga terdapat titik banjir yang mengganggu akses lalu lintas masyarakat Pasbar.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Padang Panjang Suaidi Ahadi mengatakan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0.17 lintang utara dan 99.86 bujur timur atau tepatnya berlokasi di darat pada 12 kilometer Timur Laut Pasaman Barat di kedalaman 10 kilometer.

Bacaan Lainnya

“Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat sesar aktif segmen Talamau,” katanya dalam keterangan resmi BMKG Padang Panjang.

Guncangan gempa bumi, kata dia, dirasakan di Pasbar dan Kabupaten Pasaman. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi dan dari hasil pemodelan yang dilakukan pihaknya, gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

“Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu. Sampai sekarang kami belum menemukan adanya gempa bumi susulan,” ungkapnya.

Ia meminta agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu dan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa sebelum kembali ke dalam rumah,” katanya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” sambungnya.

Selain gempa, pagi ini Pasbar juga dilanda banjir. Titik banjir tepatnya terjadi di Jorong Silawai Tengah, Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas.

Akun @/infopasbar_ melalui unggahannya menjelaskan banjir di Jembatan Besi Air Bangis membuat jalan tertutup dan akses warga tersendat.

“Bagi Dunsanak yang melakukan perjalanan dari Ujung Gading Air Bangis harap berhati-hati. Ini kondisi banjir di Jorong Silawai Tengah Air Bangis, akses menuju Air Bangis terganggu. Mudah-mudahan airnya cepat surut dan kembali normal,” tulis keterangan Zulkarnain di Facebook.

 

 

 

 

(Sumbarkita)

 

banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60 banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *