Sroll Baca Artikel
Daerah

Bupati Bengkalis Hadiri SPBE Summit 2023

31
×

Bupati Bengkalis Hadiri SPBE Summit 2023

Sebarkan artikel ini

Konstan.co.id – Mewakili Bupati Bengkalis Kasmarni. Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan dan Pembangunan H Bustami HY menghadiri acara Digital Goverment Award Sistem Pengelolaan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2023 di Hotel Kempinski Grand Ballroom Jakarta, Senin, 20 Maret 2023.

Peluncuran Reformasi Birokrasi Tematik merupakan bentuk penerjamahan Presiden dalam rangka pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi, digitalisasi administrasi pemerintahan dan percepatan prioritas aktual Presiden.

banner 468x60

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan, SPBE menjadi kunci untuk mengefisienkan dan mengefektifkan kinerja pemerintah dalam melayani publik.

“Tidak ada rumusnya pelayanan publik bisa makin cepat dan mudah tanpa teknologi, tanpa digitalisasi. Itu kuncinya. Ketika negara indeks SPBE-nya bagus, maka kemudahan berusahanya bagus, artinya pelayanan investasinya bagus indeks persepsi korupsinya dan penegakan hukum juga bagus,” ujar Anas.

Meski pemerintahan digital menjadi kunci, Anas menekankan SPBE bukan berarti semua instansi pemerintah berlomba membikin aplikasi. Saat ini ada sekitar 27.000 aplikasi layanan dari pusat sampai daerah. Presiden Jokowi telah memberi arahan untuk mewujudkan pelayanan digital yang mudah dan ringkas.

“Kalau selama ini kan rakyat misalnya mau akses layanan sektor A, maka dia download aplikasinya, bikin akun, dan isi begitu banyak data. Lalu besoknya mau akses layanan B, harus download aplikasi lainnya, bikin akun lagi, dan isi begitu banyak data. Artinya ini perlu diefektifkan biar hemat waktu, juga hemat kuota internet,” ujar Anas.

Anas menjelaskan jumlah komplain terkait layanan digital pemerintah sejak 2020-2022 yang mencapai 10.799 komplain. “Di antara komplain itu adalah warga protes, kan kemarin sudah isi data di aplikasi sebelumnya, ini masuk aplikasi lain yang sektornya berkaitan disuruh isi data lagi,” ujar Anas.

Sementara itu Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan dan Pembangunan H Bustami HY usai acara mengatakan Pemerintah siap untuk menindaklanjuti instruksi dari pemerintah pusat salah satunya dengan meningkatkan pelayanan publik ke arah yang lebih baik.

“Dapat juga kita sampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bengkalis sudah menerapkan SPBE dengan baik dan kini bisa di akses melalui ” https://spbe.bengkaliskab.go.id/ ” sehingga kedepannya akan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya,” kata Bustami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Artikel ini diproteksi