Sroll Baca Artikel
BeritaDaerahKampar

Gelar Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan, Kalapas Bangkinang Sampaikan Hal Ini

43
×

Gelar Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan, Kalapas Bangkinang Sampaikan Hal Ini

Sebarkan artikel ini
Kalapas Bangkinang melakukan Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Eka Bakti Bangkinang.

Konstan.co.id – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bangkiang Kanwil Kemenkumham Riau menggelar Upacara Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Eka Bakti Bangkinang, Kamis (6/4).

Upacara ini merupakan agenda lanjutan dalam rangka menyemarakkan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59 Tahun 2023 setelah dihari sebelumnya dilaksanakan gotong royong membersihkan TMP Kusuma Eka Bakti, Kamis (6/4).

banner 468x60

Kepala Lapas Kelas II A Bangkinang, Mishbahuddin bertindak selaku Inspektur Upacara dihadapan Jajaran Pejabat dan pegawai Lapas Kelas II Bangkinang.

Turut hadir dalam kegiatan pagi ini Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan Lapas Kelas II Bangkinang.

Kegiatan upacara di awali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, kemudian dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga oleh inspektur upacara dan penaburan bunga ke makam para pahlawan oleh seluruh peserta upacara.

Dalam penyampaiannya Mishbahuddin mengatakan kegiatan upacara ziarah dan tabur bunga penting dilaksanakan dalam rangka mengenang jasa para pahlawan bangsa yang telah berjuang mempertaruhkan nyawa dalam merebut dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Mengutip pertanyaan bapak Proklamator Indonesia, mishbahuddin juga mengemukakan Bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu ingat kepada jasa pahlawannya.

Mishbahuddin menilai kegiatan upacara ziarah dan tabur bunga penting dilaksanakan dalam rangka mengenang jasa para pahlawan bangsa yang telah berjuang mempertaruhkan nyawa dalam merebut dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Bangsa Yang besar, adalah Bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya. Sebagai generasi penerus bangsa, kita saat ini telah menoreh hasil dari perjuangan para pahlawan kita, kini tinggal kita melanjutkan perjuangan para pahlawan kita,” paparnya.

“Pada masa saat ini, melanjutkan perjuangan bukan lagi mengangkat senjata di medan perang melawan penjajahan, namun kita memiliki peran masing-masing untuk membangun negara serta menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelasnya.

Ia juga menambahkan salah satu cara untuk turut serta dalam menjaga kedaulatan begara di era sekarang ini salah satunya dengan menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Di era sekarang ini, banyak cara yang bisa kita lakukan dalam menjaga Kedaulatan Negara, toleransi antar sesama adalah salah satu nilai penting di Negara kita yang majemuk ini, mengindari gesekan antar sesama Warga Negara yang saat ini bisa datang dari mana saja,” tutur Mishbahuddin.

Selepas melaksanakan upacara, rombongan langsung menyegerakan melakukan ziarah dan prosesi tabur bunga pada makam para pahlawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Artikel ini diproteksi