Sroll Baca Artikel
BeritaDaerahKamparOtomotif

Tol Bangkinang-Koto Kampar Segera Fungsional Jelang Nataru

399
×

Tol Bangkinang-Koto Kampar Segera Fungsional Jelang Nataru

Sebarkan artikel ini
Proyek JTTS Ruas Bangkinang-Koto Kampar.

Konstan.co.id – Menjelang memasuki libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), PT Hutama Karya (HK) kebut pengoperasian, jalan tol Bangkinang-Koto Kampar Tanjung Alai. Namun, PT HK belum bisa memastikan kapan waktu yang tepat untuk pengoperasian ruas jalan tol tersebut. 

Saat ini tol yang menghubungkan ruas Pekanbaru-Bangkinang sebagai akses jalan tol Pekanbaru-Padang  sudah masuk dalam kategori ruas fungsional dan siap dipakai. 

banner 468x60

Menurut informasi yang diterima dari Direktur Operasi III PT Hutama Karya Koentjoro, pihaknya masih menyiapkan secara penuh dan menunggu keputusan resmi pemerintah.

Baca Juga

“Tol Bangkinang–Koto Kampar masih perlu kelengkapan, karena masih perlu kelengkapan fasilitas, kita akan usulkan satu arah dulu sesuai kajian yang nantinya akan dilakukan pembahasan lebih lanjut,” ujar Koentjoro, melalui  keterangan tertulis, diterima Media Center Riau, Senin (18/12). 

Dijelaskannya, tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 31 KM dan jalur fungsional di Tol Bangkinang–Koto Kampar sepanjang 24,7 KM. Jika Tol Bangkinang-Koto Kampar sudah beroperasional sementara, nantinya akan dibuka mulai pukul 07:00-16:00 WIB.

“Hal ini dikarenakan fasilitas yang dimiliki belum lengkap.  Seperti halnya tol Pekanbaru-Dumai dan Pekanbaru-Bangkinang sebelum diresmikan,” ujarnya. 

Dijelaskan dia, jika tol Bangkinang-Koto Kampar sudah kita buka sepenuhnya sebagai fungsional sementara, masyarakat bisa menggunakan secara gratis. 

Dengan bertambah serta difungsionalkannya beberapa ruas-ruas baru dan prediksi meningkatnya arus kendaraan selama libur Nataru, PT HK telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mencegah terjadinya kepadatan di gerbang tol. 

“Strategi utamanya dengan menambahkan alat mobile reader dan top-up asongan di gerbang tol untuk mempercepat transaksi. 

Kami juga memastikan pelayanan yang optimal dari petugas di lapangan serta kualitas jalan serta fasilitas di jalan tol khususnya rest area aman dan nyaman untuk digunakan,” ujar Koentjoro.

Dijelaskan Koentjoro, bahwa Hutama Karya memprediksi peningkatan Volume Lalu Lintas (VLL) yang akan melintas di JTTS selama libur Nataru 2023/2024 mendatang akan meningkat sekitar 24 persen jika dibandingkan dengan VLL normal.

“Dengan peningkatan trafik yang cukup tinggi, kami berharap kepada seluruh petugas untuk dapat amanah dan totalitas dalam menjalankan tugas serta menjaga kesehatan agar pelayanan libur Nataru dapat berjalan dengan lancar,” kata Koentjoro. (MCR)

error: Artikel ini diproteksi