Raih Juara Nasional, Gubri Ingin Desa Wisata Dayun Siak Ikuti Jejak Kampung Patin Kampar

Konstan.co.id – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar ingin Desa Wisata Dayun Siak bisa mengikuti jejak Desa Wisata Koto Masjid Kampar yang telah meraih juara nasional pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2021.

Desa Wisata Koto Masjid di Kecamatan XIII Koto Kampar atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kampung Patin pada tahun lalu meraih juara dua ADWI kategori Souvenir (Fesyen, Kriya, Kuliner).

Bacaan Lainnya

“Harapan dan doa kami semua dari rakyat melayu mudah-mudahan ini [Desa Dayun] bisa mengikuti jejak  tahun 2021. Di mana Desa Koto Masjid Kampar yaitu Raja Ampatnya Riau mendapat peringkat dua nasional. Mudah-mudahan Dayun bisa seperti itu,” kata Syamsuar saat kunker di Desa Wisata Dayun, Siak, Sabtu (20/8/2022).

Dengan begitu, Syamsuar berharap kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno di Desa Wisata Dayun bisa menjadi motivasi seluruh Pemerintah Daerah di Riau dalam mengembangkan Desa Wisata.

“Ini menjadi motivasi kami Pak [Sandiaga,red]. Untuk mengembangkan kampung-kampung wisata, baik di Siak maupun di seluruh Riau. Karena ini bagian meningkatkan pemulihan ekonomi kita,” kata Syamsuar menyampaikan sambutan kepada Menparekraf dan tamu undangan lainnya.

Lebih Lanjut, kata Syamsuar, kedatangan Sandiaga Uno beserta dewan juri ADWI 2022 di Kabupaten Siak sekaligus untuk melakukan penilaian kepada Desa Wisata Dayun untuk maju ke peringkat dan nominasi selanjutnya.

Sementara itu, Bupati Siak Alfedri menyampaikan, Pemprov Riau dan Pemkab Siak telah memiliki program yang sama untuk memajukan sektor pariwisata. Di mana menjadikan Riau terutama Kabupaten Siak bisa menjadi destinasi wisata unggulan di Pulau Sumatera.

“Tujuan visi misi kami ini pak menteri, Siak akan menjadi tujuan pariwisata di Sumatera. Karena kami telah memiliki tagline Siak The Truly Malay. Banyak objek wisata lain di sini. Selain Embung Wisata ada Danau Zamrud, Istana Siak, dan Sungai Siak dan banyak lagi objek wisata lainnya,” ujar Alfedri.

Perlu diketahui, Desa wisata Kampung Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Provinsi Riau saat ini telah masuk kategori 50 besar anugerah desa wisata terbaik nasional.

Desa wisata itu dianugerahi sebagai Desa Wisata Indonesia Bangkit yang dinilai langung oleh Menparekraf Sandiaga dan dewan juri Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2022, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.**

Pos terkait

banner 468x60 banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *