Diterjang Hujan Deras dan Puting Beliung, 7 Rumah Adat di Toraja Utara Porak-Poranda

Tujuh rumah adat di Toraja Utara porak-poranda diterjang hujan deras disertai puting beliung, Sabtu (9/4/2022). (Foto: Jufri Tonapa)

Konstan.co.id – Hujan deras disertai puting beliung menerjang Kelurahan Tikal, Kecamatan Tikala, Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Sabtu (9/4/2022). Akibatnya tujuh rumah adat porak-poranda.

Tujuh rumah adat itu yakni, Lima rumah adat digunakan sebagai lumbung padi. Sementara dua lainnya merupakan rumah tongkonan.

“Kencangnya itu angin merobohkan lima lumbung. Terdampak juga dua rumah tongkonan. Jadi tiang yang depan tergeser,” ujar saksi mata, Yan Tandi Lembang dilansir dari inews.id, Sabtu (9/4).

Peristiwa tersebut seketika terjadi saat cuaca mendung. Warga yang telah selesai melakukan aktivitasnya kaget hingga berlarian karena angin yang kencang disertai hujan deras tiba-tiba datang.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Sementara itu warga saat ini berusaha memotong pohon tumbang yang menutupi badan jalan dengan menggunakan gergaji mesin.

Selain itu juga memindahkan sejumlah padi yang terhempas saat lima lumbung ambruk dihantam puting beliung.

Kejadian ini telah dilaporkan ke petugas BPBD Toraja Utara. Namun hingga saat ini warga masih menunggu penanganan dari pihak terkait akibat musibah bencana alam tersebut.***

Pos terkait

banner 468x60 banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *