Petugas Klinik Lapas Bangkinang Laksanakan VCT dan Rapid Antigen

Konstan.co.id – Peningkatan layanan kesehatan khususnya dimasa pandemi Covid-19 ini merupakan Prioritas utama bagi Lapas Kelas IIA Bangkinang. Selain sebagai wujud Lapas Bangkinang dalam memberikan Hak mendasar bagi WBP, hal ini juga sebagai antisipasi terhadap penyebaran virus covid-19 dan penyakit menular lainnya.

Untuk itu, bertempat pada Halaman Klinik Lapas, dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus covid-19 dan penyakit menular lainnya. Petugas Klinik Lapas Kelas IIA Bangkinang melaksanakan kegiatan Voluntary Counseling and Testing (VCT) dan Rapid Antigen kepada 16 orang tahanan laki-laki dan 2 orang tahanan perempuan yang belum lama ini diterima oleh Lapas Bangkinang.

Bacaan Lainnya

Sebelum melaksanakan kegiatan VCT dan Rapid Antigen, para tahanan baru menerima penyuluhan tentang VCT, Rapid Antigen serta pemahaman mengenai penyakit menular oleh Kepala Sub Seksi Bimkemaswat dan dokter Lapas Bangkinang.

Selain dilakukan pemeriksaan oleh petugas medis Lapas Bangkinang, kegiatan VCT dan Rapid Antigen turut dibantu oleh petugas medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, yang mana selama ini telah terjalin kerjasama yang baik khususnya dalam peningkatan layanan kesehatan kepada WBP Lapas Bangkinang.

Kalapas Kelas IIA Bangkinang, Sutarno menyampaikan bahwa kegiatan VCT dan Rapid Antigen kepada tahanan yang baru masuk telah rutin dilaksanakan oleh jajarannya sebelum para tahanan menerima pembinaan lanjutan.

“VCT dan Rapid Antigen ini hampir setiap minggu kami laksanakan, selain sebagai komitmen kami dalam meningkatkan layanan kesehatan kepada WBP, hal ini juga sebagai upaya pencegahan terjadinya penyebaran virus covid-19 atau penyakit menular lainnya,” sebut Sutarno.

Kalapas juga menyampaikan terimakasih kepada pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar yang selama ini turut membantu memberikan personil tenaga medisnya untuk diperbantukan ke Lapas Bangkinang.

“Kerjasama yang telah terjalin baik dengan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar juga merupakan upaya kami dalam mengedepankan Hak memperoleh layanan kesehatan yang baik kepada WBP,” tambahnya.**

Pos terkait

banner 468x60 banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *