Jalur Baru Pendakian Gunung Marapi Kembali Dibuka, Diberi Nama Jalur Proklamator

BKSDA Sumbar kembali membuka jalur pendakian ke Gunung Marapi. Foto: Ist

Konstan.co.id – Jalur baru pendakian ke Gunung Marapi kembali dibuka, diberi nama Jalur Proklamator. Jalur baru ini dibuka dalam rangka mereaktivasi (reaktivasi) Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Marapi. Nama Jalur Proklamator resmi diperkenalkan ke publik, Sabtu (29/10/2022).

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar Ardi Andono mengatakan, penamaan Jalur Proklamator ini dipilih untuk menghormati Sang Proklamator Bung Hatta. Pada masa-masa genting kemerdekaan, Bung Hatta pernah mendirikan pesanggrahan sebagai persembunyian di lereng Gunung Marapi, tepatnya di Nagari Batu Palano, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam.

Bacaan Lainnya

Ardi menjelaskan, rreaktivasi TWA ini dapat dilakukan berkat dukungan dan kesepakatan bersama ninik mamak dari lima nagari, yaitu Batu Palano, Koto Baru, Aia Angek, Pariangan dan Koto Rantang.

“Demikian pula dengan upaya edukasi wisata pendakian, dilakukan dengan melibatkan kelima nagari dalam Forum Jasa Wisata TWA Marapi Singgalang Tandikek yang dideklarasikan 28 September 2022 lalu. Kita semua dan anak-anak muda ingin mengembangkan Taman Wisata Alam Marapi Singgalang Tandikek ini,” kata Ardi, dikutip dari keterangannya, Minggu (30/10/2022).

Ia menambahkan, salah satu upaya yang dilakukan Forum Jasa Wisata TWA Marapi Singgalang Tandikek adalah membuat SOP pendakian.

SOP itu mengatur diantaranya bahwa setelah peluncuran Jalur Proklamator, pendaki tidak diperbolehkan mendaki di malam hari, menetapkan kuota pendaki, serta membatasi izin pendakian yang diberikan selama dua hari saja.

Menurutnya, hal ini bertujuan untuk menjaga keselamatan pendaki. Selain itu memberikan waktu bagi alam untuk pemulihan dan serta mendorong pergerakan ekonomi masyarakat setempat khususnya dengan menyediakan jasa antar jemput pendaki maupun homestay.

Ia  menambahkan, Forum ini juga aktif menjaga kebersihan lingkungan gunung. Ardi mengungkapkan sebelum pembukaan Jalur Proklamator dilakukan, Forum Jasa Wisata telah mengangkut 1 Ton Sampah dari kawasan gunung.

Pos terkait

banner 468x60 banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *