Mahasiswa Polbeng Belajar Pengawasan Pemilu di Bawaslu Bengkalis

Konstan.co.id – Sebanyak 57 orang Mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) dari Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Program Studi Teknik Mesin Produksi dan Perawatan (TMPP) mengikuti kuliah umum mempelajari Pengawasan Pemilu di Bawaslu Kabupaten Bengkalis.

Kegiatan ini dilaksanakan Rabu, 25 Mei 2022, dan menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi pembelajaran kewarganegaraan.

Narasumber kegiatan ini adalah Ketua Bawaslu Bengkalis Muchlasin, serta anggota Bawaslu, Beni Syahputra, Budi Kurnialis dan M. Hary Rubianto.

Dosen pengampu Sri Jumarni, menjelaskan, dipilihnya Bawaslu Kabupaten Bengkalis adalah agar mahasiswa mengetahui secara langsung bagaimana Bawaslu melakukan pengawasan penyelenggaraan Pemilu, dalam hal menjamin terselenggaranya Pemilu yang berintegritas bebas dari money politik.

“Money politik ini adalah penyebab utama terdegradasinya nilai Pemilu di Indonesia. Peningkatan pemahaman ini akan berdampak positif terhadap persepsi mahasiswa dalam partisipasi pemilu,” ungkap Sri Jumarni.

Selain itu, sambungnya, kegiatan ini ikut mendorong terbentuknya karakter demokrasi mahasiswa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ketua Bawaslu Muchlasin menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini, ia berharap output kegiatan ini mahasiswa dapat menjadi kader pengawas pemilu yang bisa menularkan pengetahuan yang diperoleh kepada mahasiswa lainnya dan masyarakat sekitarnya.

Mahasiswa TMPP Mario Febrianto mengungkapkan, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengenal lebih dekat bagaimana pengawasan penyelenggaraan pemilu. Sedangkan menurut perwakilan mahasiswa RPL Muhammad Siddiq kegiatan ini dapat melihat dan mengetahui upaya Bawaslu untuk menegakkan keadilan pemilu

Pos terkait

banner 468x60 banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *