Ratusan Warga Binaan Lapas Bangkinang Jalani Vaksinasi Dosis Kedua

Konstan.co.id – Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Bangkinang melaksanakan vaksinasi dosis kedua bagi warga binaan, Rabu (23/3).

Vaksinasi dilakukan sebagai bentuk dukungan serta mempercepat program vaksinasi dari pemerintah, khususnya Pemerintah Kabupaten Kampar.

Bacaan Lainnya

Vaksinasi dosis kedua dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan kabupaten Kampar melaui Puskesmas Bangkinang Kota.

Sebelum menjalani vaksinasi, satu persatu warga binaan secara bergiliran menjalani screening yang dilakukan petugas medis.

Kepala Lapas Kelas IIA Bangkinang, Sutarno, mengatakan bahwa vaksinasi ini akan dilaksanakan hingga mencapai seratus persen dari 1715 jumlah warga binaan.

Vaksinasi yang kedua kepada warga binaan sebagai lanjutan dari vaksinasi pertama yang telah dilangsungkan sebelumnya.

“Hari ini ada 500 warga binaan yang jalani vaksinasi. Pemberian vaksin ini diharapkan dapat menjadi herd immunity kepada warga binaan, sehingga dapat mencegah terjadinya penularan COVID-19 di lingkungan Lapas,” ujar Sutarno, saat dikonfirmasi Konstan.co.id, Rabu (23/3).

Dia mengatakan bahwa vaksinasi merupakan salah satu fasilitas layanan kesehatan yang wajib diberikan kepada warga binaan sebagai upaya menjaga serta memastikan warga binaan aman dari penularan virus covid-19.

Vaksinasi dilakukan secara bertahap kepada seluruh warga binaan. Mengingat masih terbatasnya ketersediaan vaksin di Kabupaten Kampar.

“Namun, kami akan selalu berkoordinasi kepada Dinas Kesehatan untuk pemberian vaksinasi kepada warga binaan yang belum memperoleh vaksinasi,” tuturnya.

Sutarno juga menyebutkan setelah pemberian vaksinasi tahap 2 dilakukan, pihaknya akan berencana melaksanakan vaksinasi selanjutnya, yakini vaksinasi booster.

Menurut Dia, penyuntikan vaksin dosis ke 3 ini dilakukan bertujuan untuk memberikan kesempatan imun tubuh agar memproduksi lebih banyak antibodi dan memberi tubuh pasokan sel memori yang kuat terhadap suatu virus tertentu setelah terpapar, sehingga diharapkan yang sudah mengikuti vaksin, kesehatannya dan kekebalan imun tubuhnya menjadi kuat dan tidak mudah kembali terpapar virus.

“Vaksinasi ini juga salah satu cara mencegah penyebaran virus covid-19 khususnya di lingkungan Lapas Bangkinang,” jelas Sutarno.**

Editor: YD.

Pos terkait

banner 468x60 banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *