Sroll Baca Artikel
BeritaBisnisDaerahHukrimKampar

Aneka Karya Warga Binaan Lapas Bangkinang Berkontribusi Menghasilkan PNBP

17
×

Aneka Karya Warga Binaan Lapas Bangkinang Berkontribusi Menghasilkan PNBP

Sebarkan artikel ini
Aneka Karya Warga Binaan Lapas Bangkinang.

Konstan.co.id – Melalui program pembinaan yang terstruktur dan komprehensif, warga binaan Lapas Kelas IIA Bangkinang berhasil diarahkan untuk mengembangkan potensi diri mereka, sehingga mampu menjadi individu yang produktif dan bermanfaat bagi masyarakat.

Potensi dari warga binaan ini terlihat pada saat mengolah bahan-bahan limbah yang tersedia didalam Lapas Bangkinang guna menciptakan produk-produk berkualitas yang memiliki nilai jual tinggi.

banner 468x60

Untuk itu, Pihak Lapas Bangkinang selaku Lembaga Pembina berupaya memfasilitasi karya warga binaan ini untuk dijual kepada masyarakat, khususnya yang berkujung ke Lapas Bangkinang, Rabu (22/02).

Baca Juga

Adapun Karya warga binaan tersebut berupa produk kerajinan tangan seperti tas, tempat tisu, dompet, gantungan kunci, miniatur, bakery dan lain sebagainya. Hasil karya warga binaan ini juga merupakan bentuk kontribusi dari para warga binaan untuk turut serta menghasilkan Penghasilan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Menurut Kepala Lapas Bangkinang, Mishbahuddin, produksi karya warga binaan ini tidak hanya bertujuan untuk menghasilkan PNBP, namun juga untuk memberikan kesempatan bagi para warga binaan untuk mengasah keterampilan dan meningkatkan kemampuan mereka dalam berwirausaha.

“Kami ingin memberikan kesempatan kepada warga binaan untuk mengembangkan potensi mereka. Sehingga ketika mereka kembali ke masyarakat, mereka memiliki keterampilan yang berguna dalam mencari pekerjaan atau memulai usaha sendiri,” ujar Mishbah.

Lebih lanjut, Pihak Lapas Bangkinang turut memberikan pelatihan dan bimbingan kepada para warga binaan dengan berbagai macam program kemandirian yang telah diagendakan. Selain itu, mereka juga dibekali dengan pengetahuan tentang manajemen produksi dan pemasaran, sehingga mampu menjual produk mereka dengan baik.

“Syukur, produk karya warga binaan Lapas Bangkinang ini mendapatkan respon positif dari masyarakat sekitar. Selain mendukung program resosialisasi yang dilakukan oleh Lapas, mereka juga merasa terhibur dengan adanya booth gallery yang dipajang diluar Lapas sembari menunggu nomor antrian kunjungan,” tambah Kepala Lapas.

Diakhir, Mishbah menyampaikan bahwa program ini juga bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para wargabinaan agar dapat memberikan kontribusi dalam membangun negara, meskipun berada di dalam Lapas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Artikel ini diproteksi