Lapas Bangkinang Gelar Upacara di Hari Pahlawan, Sutarno: Jadikan Nilai-nilai Kepahlawanan Sebagai Inspirasi

Lapas Kelas IIA Bangkinang Kanwil Kemenkumham Riau melaksanakan Upacara Bendera, Kamis (10/11).

Konstan.co.id – Presiden Soekarno menetapkan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan Nasional. Penetapan itu berdasarkan Keputusan Presiden No 316 tahun 1959.

Ditetapkannya Hari Pahlawan Nasional pada 10 November memiliki makna sangat penting guna mengenang peristiwa dan perjuangan para pahlawan.

Bacaan Lainnya

Memaknai pentingnya perjuangan para pahlawan yang telah tumpah dimedan laga, Jajaran Lapas Kelas IIA Bangkinang Kanwil Kemenkumham Riau melaksanakan Upacara Bendera, Kamis (10/11).

Upacara Bendera dalam rangka Hari Pahlawan yang bertemakan “Pahlawanku, Teladanku” diikuti oleh Kepala Lapas, Pejabat Struktural, Staf dan Perwakilan Regu Pengamanan.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kalapas Bangkinang, Sutarno membacakan amanat dari Menteri Sosial Republik Indonesia, yang menyampaikan bahwa Hari Pahlawan setiap tahunnya diperingati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para Pahlawan dalam hidup sebagai Bangsa dan Negara yang Merdeka.

“Berbekal bambu runcing pun, para Pahlawan dengan semangat bergerak serempak menghadang musuh yang merupakan Pemenang Perang Dunia dengan persenjataan terbaiknya. Rakyat bergandeng tangan dengan para Tokoh Masyarakat dan Pemuka Agama berikut pengikut dan santrinya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu. Merdeka atau Mati!,” ucap Sutarno.

“Teladan dari para Pahlawan Bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat kita di Peringatan Hari Pahlawan tahun ini, Pahlawanku Teladanku. Dengan semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat. Janganlah kita mau untuk dipecah belah, ingatlah Seloka Bhinneka Tunggal Ika,” jelasnya.

Sutarno juga berharap agar di hari Pahlawan ini dapat dijadikan momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Mari jadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi Pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya. Jadikanlah semangat dan nilai-nilai Kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan bersama,” paparnya.

“Ayo kita berantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah-belah Bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Kita lawan paham radikal, kita tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah. Pahlawan akan menjadi teladan bagi kita mengarungi masa-masa penuh tantangan. Teladan bagi kita menata masa depan dan menjadi Pemenang. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2022,” kata Sutarno memungkasi.

banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60 banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *